1. Pengertian Etika Bertelepon
Etiket bertelepon adalah tata krama, sopan-santun,tata pergaulan dalam bertelepon (menerima-melakukan kontak telepon) yang meliputi berbicara dengan jelas, tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.
2. Hal-hal penting etika bertelepon adalah
- Jangan biarkan telepon berdering 2-3 kali segeralah angkat.
- Dengarkan mitra bicara dan berkonsentrasi dengan pihak penelepon (tidak melamun).
- Berkatalah dengan sopan dan hangat, hindari kata-kata yang bisa meyinggungi perasaan penelpon.
- Berikan respon secara tepat dan lugas.
- Berbicar sepelunya dengan volume suara cukup jelas, tegas, lancar serta hangat dan bersahabat.
- Siapkan perlengkapan seperlunya ketika akan menelepon, seperti nomor telepon yang dituju, buku catatan, dan pensil. Setelah itu tanyakan apakah penerima telepon punya waktu untuk berbicara.
- Segeralah angkat jika telepon berdering.
- Ucapkanlah salam begitu anda mengangkat telepon.
- Bila penelepon menanyakan orang lain, tanyakan nama dan identitas orang yang dicari.
- Bila orang yang dituju tidak ada ditempat maka beritahukan dengan sopan dan tawarkan pada penelepon untuk meninggalkan pesan.
- Setelah menyelesaikan pembicaraan dengan penelepon sebaiknya mengucapkan salam, dan jangan meletakkan gagang telepon mendahului penelepon, tunggu sampai gagang telepon diletakkan atau telepon ditutup selama dua atau tiga detik olah penelepon.
- Siapkan nomor telepon yang akan dihubungi
- Tekan nomor telepon yang dituju dan bila sudah tersambung dan pihak yang dituju sudah menggangkat, ucapkanlah salam. Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan pastikan bahwa nomor yang dituju benar.
- Sebutkan identitas diri anda dengan jelas lalu kemukakan keinginan anda untuk berbicara dengan orang yang dituju.
- Berikanlah selalu kesan ramah dan ucapkan salam penutup untuk mengakhiri pembicaraan.
- Pegang gagang telepon dengan baik menggunakan tangan kanan, tempelkan telepon dekat telinga dengan benar, sebaiknya mikrophone jangan terlalu dekat dengan mulut.
- Usahakan nafas kita saat bicara ditelepon tidak terdengar seperti mendengus.
- Ucapkan salam.
- Tanyakan identitas penelepon.
- Gunakan “Smiling Voice” dan “Pitch Control” selama pembicaraan berlangsung.
- Simak baik-baik pesan dan kalimat penelepon.
- Apabila anda tidak mengerti, tidak ada salahnya anda mengulangi pertanyaan.
- Akhiri pembicaraan dengan salam.
- Letakkan gagang telepon dengan benar dan pas pada posisinya.
1.
Suara terlalu keras.
2.
Bicara ditelepon sambil makan
atau berdecak.
3.
Berbicara dengan orang lain
selagi berbicara ditelepon.
4.
Berbicara dengan nada kasar
atau membentak.
5.
Berbicara dengan nada
memerintah.
6.
Membirkan penelepon menunggu
terlalu lama tanpa penjelasan.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
7.
8.
9.
10. 6. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat komunikasi
menggunakan telepon
6. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat
komunikasi menggunakan telepon
1.
Suara terlalu keras.
2.
Bicara ditelepon sambil makan
atau berdecak.
3.
Berbicara dengan orang lain
selagi berbicara ditelepon.
4.
Berbicara dengan nada kasar
atau membentak.
5.
Berbicara dengan nada
memerintah.
6.
Membirkan penelepon menunggu
terlalu lama tanpa penjelasan.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Categories:
wow, blog yang bagus (y)
BalasHapusbagus banget bahannya ;)
BalasHapus